Menu Tutup

Puluhan Juta Uang Negara Diselamatkan Kejari Paluta

Puluhan juta rupiah uang milik negara berhasil diselamatkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Paluta selama tahun 2016. Selain itu, Kejari juga berhasil mengeksekusi sejumlah kasus.

Hal ini disampaikan Kajari Paluta Rijal S Nyaman melalui Kasi Pidsus Naupal, didampingi Kasi Datun Andri, Selasa (10/1).
Andri menyebutkan uang tersebut merupakan hasil penyelamatan dari kasus Mantan Kepala Kantor Pos Cabang (KPC) Sipiongot, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), ASN dan dua terdakwa lainnya yang HRR dan YH dituntut bersama-sama dengan Suheri (DPO).

Mereka telah menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara yang dilakukan dengan pembantuan atau permufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana korupsi.

“Ada sekitar 60 juta lebih yang kita sita dari mereka dan telah kita kembalikan ke Negara,” tegas Andri.

Mantan Kepala Kantor Pos Cabang (KPC) Sipiongot, Paluta, ASN dituntut oleh jaksa penuntut umum (JPU), Andri selama 4 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp200 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Pria berusia 41 tahun itu dinilai telah melakukan tindak pidana korupsi dengan cara berpura-pura menjadi korban perampokan yang terjadi di jalinsum Paluta beberapa waktu lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *